Minggu, 26 Mei 2013

Sandi-Sandi Pramuka Part 1


Sandi-Sandi Pramuka

 
Sandi adalah sebuah kata dalam bahasa sansekerta yang kira-kira artinya adalah rahasia;menyembunyikan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia kata persandian yang berasal dari kata dasar sandi adalah rahasia atau kode; definisi sinonimnya dalam bahasa Inggris cryptography, yang berarti pengetahuan, studi, atau seni tentang tulisan rahasia. Berikut ini merupakan sandi-sandi yang saya ketahui:

 

Sandi A=N

Sandi AN adalah sandi yang sangat mudah, namun bisa dijadikan sebagai latihan awal bagi anak-anak Pramuka Siaga dan tamu penggalang. Kunci dari sandi ini adalah A-N yang berarti membalik huruf A menjadi huf N begitu juga sebaliknya.


CONTOH :
CENZHXN dibaca PRAMUKA

Sandi A=Z 

 

Sandi AN adalah sandi yang sangat mudah, namun bisa dijadikan sebagai latihan awal bagi anak-anak Pramuka Siaga dan tamu penggalang. Kunci dari sandi ini adalah A-N yang berarti membalik huruf A menjadi huf N begitu juga sebaliknya. 



CONTOH

I F W B dibaca RUDY


a = 1
b = 2
c = 3
d = 4
e = 5
f = 6
g = 7
h = 8
i = 9
j = 10
k = 11
l = 12
m = 13
n = 14
o = 15
p = 16
q = 17
r = 18
s = 19
t = 20
u = 21
v = 22
w = 23
x = 24
y = 25
z = 26



Contoh :

16 18 1 13 21 11 1
P R A M U K A

Sandi Kotak I



Sandi Kotak II













Sandi Kotak III



Sandi Gudep Sedia








(G:I)(D:I)(G:S)(D:D)(G:U)(G:D)(G:S)
P R A M U K A


Sandi Koordinat

 Sandi Koordinat adalah sandi yang menggunakan dua buah kunci untuk menentukan koordinat huruf setelah dipertemukannya dua buah huruf kunci dalam satu titik. Kunci pada sandi koordinat dapat ditentukan oleh si pembuat berita, masing-masing kunci adalah dua buah kata yang masing-masing kata terdiri dari lima buah huruf. Kunci ini nantinya harus diketahui oleh si penerima berita untuk menerjemahkan isi berita.
















Contoh : P A T I H R U M B I H
(1:4)(1:1)(5:4)(4:2) (3:2)(3:4)(1:5)(2:1)(4:2)(3:2)


Sandi Morse

Kode Morse adalah sistem representasi huruf, angka, dan tanda baca dengan menggunakan sinyal kode. Kode Morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. Kode morse juga digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan kode morse disampaikan menggunakan senter atau peluit pramuka. Kode morse disampaikan dengan cara menuip peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili garis.
E   = .         T   = _           R   = ._.      F   = .._.
I   = ..        M   = _ _         K   = _._      L   = ._..
S   = ...       O   = _ _ _       W   = ._ _     Q   = _ _._
H   = ....      KH  = _ _ _ _     G   = _ _.     Y   = _._ _
A   = ._        N   = _.          C   = _._.      X   = _.._
U   = .._       D   = _..         J   = ._ _ _    P   =._ _.
V   = ..._      B   = _...        Z   = _ _ ..

Kemampuan menerima dan mengirimkan k
ode morse merupakan salah satu dari kecakapan yang dapat menerima Tanda Kecakapan Khusus. Kode morse juga diguna
kan sebagai kunci dalam memecahkan Sandi Rumput.



Sandi Braille

 Huruf Braille adalah sejenis sistem tulisan sentuh yang digunakan oleh orang buta. Sistem ini diciptakan oleh seorang Perancis yang bernama Louis Braille yang buta disebabkan kebutaan waktu kecil. Ketika berusia 15 tahun, Braille membuat suatu tulisan tentara untuk memudahkan tentara untuk membaca ketika gelap. Tulisan ini dinamakan huruf Braille. Namun ketika itu Braille tidak mempunyai huruf W.










Sandi Semaphore




Image
Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan 2 bendera, dimana masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Sedangkan warna yang sering dipergunakan adalah merah dan kuning dengan warna merah selalu berada dekat tangkainya.
Image

Trik Mudah Kuasai Semaphore


Sebenarnya ada berbagai macam cara untuk dapat menguasai isyarat semaphore dengan cepat dan mudah.
Berikut ini adalah salah satunya, dengan model Jarum Jam, tinggal mengingat angka dan hurufnya. Selamat mencoba..........
Image

Tidak ada komentar: